Tautan-tautan Akses

Pompeo: AS Tak Izinkan Rusia Interogasi Mantan Dubes AS


Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menggelar jumpa pers setelah menghadiri pertemuan puncak NATO di Brussels, Belgia, 12 Juli 2018.
Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menggelar jumpa pers setelah menghadiri pertemuan puncak NATO di Brussels, Belgia, 12 Juli 2018.

Amerika tidak berniat mengizinkan Rusia menginterogasi Michael McFaul, mantan duta besar Amerika untuk Rusia, yang juga pengecam keras Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo kepada VOA, Kamis (19/7).

“Itu tidak akan terjadi,” ujar diplomat tertinggi di Amerika itu dalam wawancara di Departemen Luar Negeri.

Pompeo mengatakan Putin “menyampaikan sejumlah usul selama pembicaraan” yang dilakukannya dengan Presiden Donald Trump dalam pertemuan di Helsinki, Senin (16/7).

“Ada saran, komentar, pandangan yang disampaikan Presiden Putin terkait penyelidikan itu,” ujar Pompeo. “Presiden Trump sangat jelas, kami tidak akan memaksa warga Amerika datang ke Rusia untuk interogasi oleh Rusia,” kata Pompeo menambahkan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengusulkan agar jaksa penyidik khusus Robert Mueller terbang ke Moskow untuk menginterogasi 12 pejabat intelijen militer yang didakwa terkait peretasan komputer Partai Demokrat guna memenangkan Trump dalam pemilu 2016. Usulan Putin itu sebagai imbalan interogasi Rusia pada McFaul dan Bill Browder, serta sejumlah warga Amerika lainnya. Browder adalah seorang pebisnis Inggris kelahiran Amerika, yang bekerja meloloskan UU Magnitsky di Amerika dan negara-negara lain, untuk memberi sanksi terhadap Rusia atas pelanggaran HAM yang dilakukannya. [em/al]

XS
SM
MD
LG