Tautan-tautan Akses

Polisi Sudan Tembakkan Gas Air Mata ke Demonstran Oposisi


Para demonstran yang menentang Presiden Omar al-Bashir melakukan unjuk rasa di Khartoum (foto: ilustrasi).
Para demonstran yang menentang Presiden Omar al-Bashir melakukan unjuk rasa di Khartoum (foto: ilustrasi).

Polisi anti huru hara menembakkan gas air mata ke ribuan pengunjuk rasa di ibu kota Sudan pada hari Minggu (6/1), sementara demonstrasi yang menyerukan agar Presiden Omar al-Bashir mundur berlanjut untuk minggu ketiga.

Kerumunan pengunjuk rasa berkumpul di Khartoum, mengindahkan seruan dari Asosiasi Profesional Sudan - sekelompok dokter, guru, dan insinyur yang telah menyerukan aksi mogok dan demonstrasi selama sebulan terakhir.

Polisi merespons dengan menembakkan gas air mata untuk membubarkan para pengunjuk rasa. Video yang diunggah ke internet oleh aktivis anti-pemerintah menunjukkan orang-orang melarikan diri di jalan-jalan kecil dan gang-gang di pusat kota untuk menghindari gas berbahaya itu.

Pemerintah Sudan mengatakan 19 orang telah tewas, termasuk dua personel keamanan, sejak protes meletus di kota Atbara pada 19 Desember.

Kelompok hak asasi manusia Amnesty International mengatakan 37 orang telah tewas dalam protes tersebut.

Pihak berwenang telah menutup sekolah dan memberlakukan jam malam dan keadaan darurat di beberapa daerah sejak protes dimulai.

Para pengunjuk rasa telah berulang kali menyasar dan membakar kantor partai Bashir dan menuntut agar pemerintahannya yang sudah berlangsung selama 29 tahun diakhiri. Bashir merebut kekuasaan dalam kudeta militer tahun 1989.

Harga makanan di Sudan naik tajam dalam beberapa bulan terakhir, dengan inflasi mencapai 60 persen. Ini terjadi setelah pemerintah memotong subsidi pada tahun 2018.

Perekonomian Sudan memburuk setelah Sudan Selatan merdeka, membuat Khartoum kehilangan sebagian besar pendapatan minyaknya. Sudan menghadapi krisis valuta asing dan inflasi yang membubung, meskipun Amerika Serikat sudah mencabut embargo perdagangan pada Oktober 2017 [as]

Recommended

XS
SM
MD
LG