Tautan-tautan Akses

Polisi Athena Protes Program Penghematan di Yunani


Seorang polisi kota Athena memberikan tepuk tangan kepada demonstran yang melakukan protes atas PHK di sektor pemerintahan (12/7).
Seorang polisi kota Athena memberikan tepuk tangan kepada demonstran yang melakukan protes atas PHK di sektor pemerintahan (12/7).

Yunani menghadapi gelombang baru protes menentang program penghematan, kali ini dari polisi dan para pegawai pemerintah kota.

Polisi yang protes menutup lalu lintas di Athena hari Senin (15/7) menjelang protes tiga hari yang dilakukan diseluruh Yunani. Mereka memrotes seruan para kreditor agar Yunani mem-PHK ribuan pegawai pemerintah sebagai syarat pengucuran lebih banyak dana talangan.

Parlemen Yunani pekan ini akan melakukan pemungutan suara mengenai program penghematan. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian langkah tidak populer yang harus dilakukan Yunani untuk memperoleh dana talangan dari negara-negara Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Pekan lalu para kreditor menyetujui kucuran dana hampir 9 miliar dolar dengan syarat bahwa Yunani mem-PHK 15 ribu pegawai dan menggeser 12.500 pegawai tahun ini.

Pemerintah kota di seluruh Yunani telah menghentikan layanan umum selama tiga hari, dan serikat-serikat buruh menyerukan pemogokan umum hari Selasa.

Recommended

XS
SM
MD
LG