Tautan-tautan Akses

Polisi Pakistan Gagalkan Serangan Teroris, 5 Militan Tewas


Polisi Pakistan tengah berjaga di Karachi, Pakistan, di tengah pandemi Covid-19, 19 Juni 2002. (Foto: dok).
Polisi Pakistan tengah berjaga di Karachi, Pakistan, di tengah pandemi Covid-19, 19 Juni 2002. (Foto: dok).

Polisi kontraterorisme Pakistan menyerbu sebuah tempat persembunyian seorang tersangka militan di sebuah kota terpencil di wilayah timur Pakistan, Jumat (31/7). Operasi itu memicu baku tembak yang menewaskan lima anggota sebuah kelompok separatis.

Kaleem Qureshi, juru bicara Departemen Kontraterorisme Pakistan, mengatakan, polisi menyita sebuah bom dan sejumlah senjata dalam aksi penggerebekan di kota Rajanpur, provinsi Punjab, itu. Menurutnya, operasi itu sendiri dilangsungkan setelah pihaknya mendapatkan informasi intelijen.

Qureshi mengatakan, operasi itu menggagalkan serangan teroris yang kemungkinan dilancarkan Tentara Pembebasan Baluchistan (BLA), sebuah kelompok separatis yang beroperasi di wilayah barat daya provinsi Baluchistan.

Kelompok itu, menurutnya, sedang merencanakan serangan terhadap salauran-saluran pipa gas dan jalur-jalur kereta negara itu. BLA, yang menurut pihak berwenang mendapat dukungan dinas-dinas intelijen asing, biasanya menarget pasukan keamanan.

Baluchistan telah bertahun-tahun menjadi lokasi pemberontakan kelompok-kelompok separatis kecil dan para nasionalis yang mengeluhkan diskriminasi dan menuntut bagian yang lebih adil atas sumber daya dan kekayaan alam provinsi itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG