Tautan-tautan Akses

Polisi Nikaragua Picu Keresahan Warga


Petugas polisi Nikaragua memblokir wartawan yang bekerja di luar rumah pemimpin oposisi Cristiana Chamorro setelah jaksa mencari penangkapannya karena pencucian uang dan kejahatan lainnya, di Managua, Nikaragua, 2 Juni 2021. (Foto: Reuters)

Ketika itu sekitar pukul 10:30 waktu setempat, Minggu (27/6) malam, ketika wartawan Verónica Chávez mendengar suara keras ketika ia menidurkan putranya. Ia melihat keluar untuk melihat suaminya, Miguel Mora, yang dengan panik mencoba membuka pintu rumah mereka, ketika anggota polisi Nicaragua mencoba untuk menendang pintu agar bisa memasuki rumahnya.

Mora, seorang calon presiden dan mantan Direktur outlet berita, berteriak kepada polisi untuk berhenti menendang sehingga ia bisa membukakan pintu untuk mereka. Dalam sebulan terakhir, polisi pemerntahan Presiden Daniel Ortega telah menangkap sekitar 20 tokoh oposisi, termasuk lima calon presiden seperti Mora, dan menggerebek rumah orang lain.

Mora ditangkap tahun 2018, dan dipenjara selama hampir enam bulan ketika pemerintah Ortega disertai kekerasan menghentikan protes jalanan yang dikatakan sebagai percobaan kudeta.

Seringkali polisi tiba pada malam hari dengan kekuatan yang luar biasa — dalam kasus Mora, tujuh hingga 10 kendaraan patroli. Mereka menghina target dan keluarga mereka, merusak jendela dan pintu. Juga mengambil barang elektronik: ponsel, komputer, drive memori eksternal, kamera. [ps/jm]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG