Tautan-tautan Akses

Polisi Larang Perayaan Malam Tahun Baru di Berlin


Kembang api meledak di atas patung Quadriga di atas gerbang Brandenburg selama perayaan Tahun Baru di Berlin, Jerman, 1 Januari 2019. Namun pada tahun ini perayaan tersebut dilarang karena Covid-19. (Foto: REUTERS/Axel Schmidt)

Warga Berlin, Kamis (31/12), akan merayakan Malam Tahun Baru yang tenang di rumah jauh dari perayaan meriah yang biasanya memenuhi jalan-jalan di ibu kota Jerman itu.

Lea Schelling mengatakan merayakannya dengan pasangannya, tanpa mengundang teman.

"Kami memasak yang enak dan saya kira itu cukup menyenangkan" jelasnya.

Ribuan petugas polisi akan menegakkan larangan perayaan dan penggunaan kembang api di sebagian besar Berlin, termasuk di alun-alun Potsdamer Platz, pada Malam Tahun Baru.

"Lagipula kami bukan penggemar kembang api karena kami punya anjing," kata penduduk setempat Kerstin Remus, sambil menambahkan malam tahun baru ini terasa sama seperti hari hari sebelumnya.

Pengadilan Jerman pada minggu ini menolak gugatan hukum terhadap larangan pertemuan umum di Berlin pada Malam Tahun Baru dan Hari Tahun Baru yang diberlakukan pihak berwenang karena pandemi.

Pertunjukan terbuka tahunan di Gerbang Brandenburg Berlin, yang biasanya menarik ratusan ribu orang, dialihkan oleh penyelenggara menjadi acara virtual yang bisa ditonton warga di rumah. [my/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG