Tautan-tautan Akses

Polisi Jerman Geledah 9 Lokasi Terkait Pendukung ISIS


Polisi menjaga alun-alun Rosenheimer Platz di Munich, Jerman, Sabtu, 21 Oktober 2017. (Foto: dok).

Kepolisian Jerman, Kamis (14/12), menggeledah sembilan lokasi di Berlin dan negara bagian Saxony-Anhalt yang diduga memiliki hubungan dengan sejumlah tersangka pendukung ISIS.

Penggeledahan yang melibatkan 130 polisi, termasuk anggota tim tanggap taktis ini adalah bagian dari penyelidikan terhadap empat tersangka yang dicurigai merupakan anggota ISIS dan sedang bersiap melakukan serangan.

Kantor Kejaksaan Berlin mengatakan, dua dari empat tersangka itu diyakini meninggalkan Berlin November 2016 untuk bergabung dengan ISIS, yang saat itu diyakini beroperasi aktif terutama di Suriah dan Irak. Tersangka ketiga dicurigai telah menjalani latihan militer dengan kelompok teroris itu. Kantor tersebut juga menyatakan, ketiganya saat ini diyakini berada di wilayah yang dikuasai ISIS.

Orang keempat yang menjadi tersangka diduga membantu ketiga tersangka lainnya dengan mengantar mereka dengan mobil ke bandara. Kesemua tersangka, yang berusia 18 hingga 21 tahun, itu masih dirahasiakan namanya.

Kantor Kejaksaan Berlin menolak mengomentari laporan tabloid BZ yang menyebutkan bahwa para tersangka memiliki hubungan dengan Anis Amri, warga Tunisia yang menewaskan 12 orang dalam serangan truk di sebuah pasar natal tahun lalu. Amri ditembak mati polisi Italia beberapa hari kemudian. Serangan itu sendiri kemudian diklaim ISIS dilakukan oleh pejuangnya. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG