Tautan-tautan Akses

Polisi Jepang Resmi Tangkap Tersangka Serangan Pembakaran 2019


Shinji Aoba, yang diduga melakukan serangan pembakaran studio Animasi Kyoto, diangkut dengan tandu ke kantor polisi Fushimi di Kyoto, 27 Mei 2020.

Hampir satu tahun setelah 36 orang tewas dalam kebakaran hebat di sebuah studio animasi, polisi Jepang resmi menangkap seorang lelaki tersangka pelaku pembakaran itu.

Polisi Kyoto membawa Shinji Aoba yang berusia 42 tahun dengan tandu dari sebuah rumah sakit hari Rabu (27/5) dan memindahkannya ke kantor polisi untuk diinterogasi lebih lanjut mengenai tuduhan serangan pembakaran dan pembunuhan. Aoba telah dirawat di rumah sakit sejak serangan itu, karena mengalami bekas luka yang dalam di bagian muka dan tangan.

Para saksi mata memberitahu polisi bahwa Aoba menerobos pintu masuk studio Kyoto Animation, menuangkan cairan yang mudah terbakar di lantai dan menyulutnya seraya berteriak “Mati!” Ia dilaporkan menyulut kebakaran itu karena meyakini studio itu telah menjiplak novelnya.

Serangan itu adalah kekerasan yang paling banyak menewaskan korban di Jepang dalam beberapa dekade ini, dan mengejutkan para penggemar animasi di seluruh dunia. Kyoto Animation telah memproduksi beberapa film anime dan acara televisi dengan pemirsa yang sangat banyak di dalam maupun di luar Jepang. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG