Tautan-tautan Akses

Polisi Filipina Tak Punya Perunding dalam Insiden Penyanderaan Bis


Kepolisian Filipina secara resmi tidak memiliki unit perunding untuk menanggapi tuntutan penyandera bis di Manila bulan lalu.

Sebuah tim penyelidik Filipina diberitahu bahwa polisi tidak punya tim perunding untuk menanggapi penyanderaan bis turis di Manila bulan lalu, di mana 8 turis Hongkong tewas terbunuh.

Petugas yang bertanggung jawab dalam perundingan dengan si penyandera, Orlando Yebra, mengatakan Senin, ia berperan sebagai perunding bilamana dibutuhkan.

“Secara resmi tidak ada unit perunding,” kata Yebra, dan ditambahkannya, ia mengusulkan pembentukan sebuah unit perunding pada 2007 tetapi tak ada yang menindak lanjuti usulannya itu.

Ia mengatakan ia tidak memperoleh dukungan intelijen selama krisis sandear 12 jam itu berlangsung pada 23 Agustus lalu. Ia mengatakan kepolisian nasional seharusnya seharusnya menugaskan sejumlah polisi lain tetapi mereka tidak pernah menghubungi dirinya.

Penyanderaan bis ini berakhir dengan usaha penyelamatan yang dilaksanakan secara buruk di mana penyandera, bekas perwira polisi Rolando Mendoza ditembak mati. Tetapi turis ditemukan telah mati di dalam bis.

XS
SM
MD
LG