Tautan-tautan Akses

Polisi Belgia Gelar 200 Penggerebekan Terkait Penyelundupan Narkoba


Peti kemas di Pelabuhan Antwerp, Belgia, 23 Maret 2020. (Foto: dok). Dengan ribuan kontainer tiba di Antwerpen setiap hari, kota pelabuhan Belgia ini berpotensi menjadi salah satu pintu utama masuknya narkoba ke Eropa.

Kantor kejaksaan federal Belgia mengatakan operasi polisi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menarget kejahatan terorganisir, sedang digelar di berbagai penjuru negara itu.

Sekitar 200 penggerebekan yang memobilisasi lebih dari 1.200 polisi sedang dilakukan secara hampir serentak di negara berpenduduk 11,5 juta orang itu, kata kantor tersebut kepada Associated Press, Selasa (9/3).

Seorang juru bicara di kantor kejaksaan itu mengatakan, penggerebekan dimulai sekitar pukul 5 pagi waktu setempat. Menurut stasiun penyiaran RTBF, penggeledahan sebagian besar terjadi di wilayah Antwerpen, dan penyelidik berfokus pada para pengedar narkoba dan sebuah jaringan dengan koneksi internasional.

Dengan ribuan kontainer mencapai Antwerpen setiap hari, kota pelabuhan Belgia itu menjadi salah satu pelabuhan utama Eropa yang menjadi pintu masuk kokain ke benua itu. Perdagangan narkoba di kota itu telah menimbulkan gelombang kekerasan baru-baru ini, dengan baku tembak dan serangan granat sering terjadi.

Tahun lalu, pihak berwenang di Belgia dan tiga negara lain membongkar jaringan perdagangan narkoba yang mengirimkan kokain senilai ratusan juta dolar ke Eropa Barat. Investigasi, yang dimulai ketika sebuah kontainer berisi 2,8 ton kokain ditemukan tahun lalu di Antwerpen, telah mengungkap operasi sebuah jaringan internasional dengan koneksi di setidaknya empat negara Eropa dan Amerika Selatan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG