Tautan-tautan Akses

PM Turki Luncurkan Kampanye Referendum untuk Sistem Presidential


Perdana Menteri Turki Binali Yildirim dan pemimpin partai yang berkuasa "Justice and Development" menyampaikan pidato dalam pertemuan akbar partai tersebut di Ankara, Turki, 25 Februari 2017. (Foto: Biro Pers PM Turki, Pool Photo via AP)

Perdana Menteri Turki telah meluncurkan dengan resmi kampanye partainya yang berkuasa untuk memperoleh suara dukungan rakyat dalam referendum memberlakukan system presidential, yang ditakutkan para pengeritik akan memusatkan terlalu besar kekuasaan di tangan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Perdana Menteri Binali Yildirim dengan resmi memulai kampanye hari Sabtu (25/2) dengan mengatakan kepada para pendukung di stadion olahraga bahwa rancangan sistem baru itu akan membina Turki yang kuat yang mampu mengatasi ancaman teror yang memuncak dan membuat ekonomi Turki kuat.

Yildirim mengatakan ‚ÄĚKita sedang mengambil langkah-langkah awal dalam jalan menuju Turki yang kuat di masa depan."

Rancangan reformasi yang akan diajukan dalam pemungutan suara referendum tanggal 16 April itu, akan memberi jabatan presiden wewenang eksekutif dan menghapuskan jabatan perdana menteri.

Para penentangnya mengatakan sistem yang diusulkan itu memberi terlalu sedikit kekuatan untuk mengawasi kekuasaan Erdogan. [gp]

XS
SM
MD
LG