Tautan-tautan Akses

AS

PM Trudeau Bahas Perpanjangan Penutupan Perbatasan Kanada-AS


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

Ottawa dan Washington sedang membahas perpanjangan penutupan perbatasan Kanada-AS, "karena masih ada kekhawatiran mengenai penyebaran virus corona," kata Perdana Menteri Justin Trudeau, Senin.

"Jelas ada konsensus luas di seluruh provinsi bahwa kita perlu terus menjaga perbatasan kita saat ini," kata Trudeau setelah berkonsultasi dengan para pemimpin provinsi di negaranya.

"Kita akan terus berdiskusi dengan pemerintah Amerika tentang cara-cara ke depan," katanya dalam pengarahan harian. "Prioritas kita dalam hal ini adalah memastikan kita menjaga warga Kanada tetap aman sambil memastikan aliran barang dan jasa yang penting."

Perbatasan internasional terpanjang di dunia sepanjang 8.900 kilometer itu ditutup untuk semua pelancong yang tidak penting di kedua sisi pada 21 Maret sebagai tanggapan terhadap krisis virus corona.

Perbatasan itu awalnya untuk dibuka kembali pada bulan April tetapi penutupan itu telah dua kali diperpanjang, sampai setidaknya 21 Juni.

Penutupan ini telah menyebabkan penurunan besar dalam lalu lintas lintas batas hingga 95 persen, menurut Statistik Kanada tetapi perdagangan terus berlanjut. [my/ii]

XS
SM
MD
LG