Tautan-tautan Akses

PM Modi Kunjungi Tokyo, Perkuat Kerjasama India dan Jepang


Perdana Menteri India Narendra Modi mengadakan kunjungan ke Jepang, mulai Sabtu (27/10).

Pemimpin India dan Jepang memperkuat jalinan hubungan keduanya di tengah kekhawatiran akan stabilitas perdagangan dan kawasan.

Perdana Menteri India Narendra Modi yang tiba di Tokyo hari Sabtu (27/10) telah mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sebuah resor di dekat Pegunungan Fuji hari Minggu (28/10). Modi juga mengunjungi ‘’Fanuc,’’ sebuah pabrik pembuat robot utama di Jepang.

Hubungan dengan China merupakan isu utama yang dibahas kedua pemimpin karena jalinan kerjasama Jepang dan India dapat menyeimbangkan pengaruh China yang semakin menguat di kawasan itu.

‘’Kemitraan India-Jepang secara fundamental telah berubah dan diperkuat menjadi ‘’kemitraan strategis dan global yang khusus,’’ ujar Modi kepada kantor berita Jepang Kyodo News. ‘’Tidak ada hal yang negatif, hanya kesempatan untuk semakin memperkuat hubungan,’’ tambahnya.

Modi memilih Jepang sebagai salah satu negara pertama yang dikunjunginya setelah menjabat empat tahun lalu. Ia telah menyerukan kepada negara-negara di kawasan Indo-Pasifik untuk bersatu melawan proteksionisme dan ketegangan lintas-perbatasan.

Sebagai bentuk menguatnya hubungan kedua negara, India dan Jepang bulan depan dijadwalkan akan menggelar latihan militer bersama pertama yang melibatkan pasukan darat. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG