Tautan-tautan Akses

PM May akan Perjuangkan Kembali Kesepakatan Brexit


Perdana Menteri Inggris Theresa May mengunjungi Leisure Box dalam kampanye pemilu lokal di Brierfield, Lancashire, Inggris, 25 April 2019.

Perdana Menteri Inggris Theresa May bulan depan akan berusaha meraih dukungan parlemen untuk persetujuan Brexit sehingga Inggris bisa meninggalkan Uni Eropa musim panas ini, kantor perdana menteri dalam pernyataannya, Selasa (14/5).

Downing Street mengatakan, May bermaksud minta para anggota parlemen untuk melakukan pemungutan suara atas RUU persetujuan penarikan Inggris dari Uni Eropa pada 3 Juni mendatang.

Parlemen sudah tiga kali menolak rencana penarikan Inggris yang diupayakan oleh May dan Uni Eropa tahun lalu. Pengunduran Inggris dari Uni Eropa tadinya direncanakan pada 29 Maret, dan kini diundur sampai 31 Oktober untuk memberi para politisi Inggris waktu untuk mencapai kesepakatan.

Kata kantor perdana menteri, kalau para anggota parlemen berhasil meloloskan RUU itu, Inggris akan meninggalkan Uni Eropa sebelum parlemen masuk reses pada musim panas, yang kemungkinan akan dimulai pada akhir Juli.

Tetapi belum jelas bagaimana pemerintah merencanakan untuk meyakinkan para anggota parlemen untuk mendukung syarat-syarat perceraian dari Uni Eropa itu, karena hanya sedikit legislator baik yang pro maupun anti Brexit bersedia mengubah pendapat mereka. [jm]

XS
SM
MD
LG