Tautan-tautan Akses

PM Kanada Trudeau Minta Maaf, Tapi Tampaknya Tak akan Mundur


PM Kanada Justin Trudeau saat berkampanye di Fredericton, New Brunswick, Rabu (18/9).

Kampanye PM Kanada Justin Trudeau bergerak untuk membendung kemarahan semakin besar Kamis (19/9), setelah sebuah buku foto sekolah tahunan muncul yang menampilkan Trudeau dimake-up dengan wajah coklat dalam pesta kostum “Arabian Nights” pada 2001, dan dua insiden lain yang mirip juga telah dibeberkan.

Sementara pemilihan baru akan dilangsungkan satu bulan lagi, PM Trudeau yang berusia 47 tahun itu minta agar warga Kanada memaafkan dirinya.

“Saya seharusnya tahu itu tindakan yang salah waktu itu, tetapi saya tidak menyadari dan saya sangat menyesalinya,” katanya. Ia lalu menambahkan, “Itu adalah hal bodoh untuk dilakukan.”

Majalah Time menerbitkan foto itu pada Rabu, katanya foto itu berasal dari buku siswa tahunan dari West Point Grey Academy, sebuah sekolah swasta di British Columbia, di mana Trudeau bekerja sebagai guru sebelum memasuki arena politik.

Foto itu memperlihatkan Trudeau yang waktu itu berusia 29 tahun mengenakan turban dan jubah dengan make-up gelap di tangan, wajah, dan lehernya. (jm/ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG