Tautan-tautan Akses

PM Jepang Mundur Setelah Popularitasnya Anjlok


Yukio Hatoyama mengundurkan diri untuk meningkatkan peluang partainya dalam pemilu legilatif Jepang bulan depan.

Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama telah mengundurkan diri dalam rangka meningkatkan peluang partainya dalam pemilihan legilatif bulan depan, menyusul penurunan tajam popularitas dirinya. Angka dukungan pada Hatoyama telah jatuh sampai serendah 17 persen pekan lalu, dan tentangan rakyat terhadapnya telah meningkat sampai 75 persen. Hatoyama baru delapan bulan memangku jabatan.

Hari Rabu, Hatoyama mengatakan bahwa ia gagal memenuhi janji untuk memindahkan pangkalan Marinir Amerika dari pulau Okinawa, dimana penduduk mengeluh selama bertahun-tahun kehadiran militer Amerika disana.

Ia setuju bulan lalu untuk merelokasi kan pangkalan itu, tetapi masih di Okinawa, sesuai syarat dari sebuah persetujuan 2006 dengan Washington yang ditandatangani oleh pemerintah Jepang sebelumnya.

Menteri Keuangan Jepang Naoto Kan dari Partai Demokratik yang berkuasa muncul Rabu sebagai calon pengganti Hatoyama, perdana menteri ke empat yang mengundurkan diri dalam empat tahun.

Partai bertemu Jumat untuk mencalonkan penggantinya dan yang terpilih sudah pasti akan menjadi perdana menteri berikutnya karena Partai Demokratik memiliki kekuasaan mayoritas di majelis rendah parlemen.

XS
SM
MD
LG