Tautan-tautan Akses

PM Jepang Bertemu Komandan Militer AS


Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kanan) menerima Komandan Militer AS, Laksama Philip Davidson, di Tokyo, Kamis (22/10).
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kanan) menerima Komandan Militer AS, Laksama Philip Davidson, di Tokyo, Kamis (22/10).

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengakhiri kunjungan diplomatik regionalnya selama seminggu pada hari Kamis (22/10) dengan pertemuan bersama komandan Komando Kawasan Indo-Pasifik Amerika.

Komando Kawasan Indo-Pasifik Amerika adalah yang terbesar, dari segi geografi, dibanding enam komando kawasan militer Amerika lainnya di seluruh dunia. Komando ini mengintegrasikan semua cabang militer Amerika untuk menjaga keamanan, dan melindungi kepentingan Amerika di kawasan itu sementara berkoordinasi dengan sekutu-sekutunya.

Pertemuan tersebut menyusul pembicaraan bilateral perdana menteri Jepang yang baru itu awal pekan ini dengan mitra-mitranya di Vietnam dan Indonesia. Tema sentral dari pertemuan tersebut adalah kerja sama dalam pertahanan regional sebagai pagar terhadap ambisi China di kawasan itu. Suga membuat perjanjian dengan kedua negara untuk mengekspor teknologi dan peralatan pertahanan.

Perjanjian itu merupakan kesepakatan diplomatik luar negeri pertama bagi Suga sejak menjadi perdana menteri bulan lalu. Dia mengambil posisi itu setelah mantan Perdana Menteri Shinzo Abe mengundurkan diri karena alasan kesehatan. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG