Tautan-tautan Akses

PM Jepang Bela Keputusan Pertahankan Pangkalan AS


Keputusan itu melanggar janji Hatoyama sebelum menjabat sebagai PM Jepang, bahwa ia akan memindahkan pangkalan AS keluar dari Okinawa.

Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama hari Senin mengatakan ketegangan yang meningkat di semenanjung Korea berperan penting dalam keputusannya mempertahankan pangkalan militer Amerika di Pulau Okinawa.

Hatoyama hari Minggu mengumumkan bahwa ia akan mematuhi perjanjian dengan Amerika tahun 2006 untuk mempertahankan pangkalan itu di Okinawa namun akan memindahkannya dari pusat kota Ginowan yang padat ke wilayah pantai Timur yang kurang penduduknya. Perjanjian itu telah disepakati oleh pemerintahan terdahulu.

Keputusan itu melanggar janji Hatoyama yang dibuatnya sebelum menjadi Perdana Menteri tahun lalu bahwa ia akan memindahkan pangkalan udara marinir Amerika itu keluar dari Okinawa. Pangkalan itu ditentang keras oleh penduduk setempat dan bisa mengancam peluang Partai Demokrat memenangkan pemilu majelis tinggi bulan Juli.

Perdana Menteri Jepang itu hari Senin mengatakan adalah sangat penting bagi hubungan Jepang dan Amerika yang dibangun atas dasar “saling percaya“, mengingat situasi sekarang di semenanjung Korea dan di Asia.

XS
SM
MD
LG