Tautan-tautan Akses

PM Jepang Bahas Situasi Indo-Pasifik pasca Peluncuran Rudal Korut


Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (foto: dok).
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (foto: dok).

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida hari Rabu (4/5) mengatakan, diskusi lebih lanjut akan dilakukan mengenai situasi regional di Indo-Pasifik dan Asia Timur, setelah Pyongyang meluncurkan rudal balistik ke perairan timurnya.

Kishida menyampaikan pernyataan itu dalam kunjungan ke Roma untuk bertemu dengan Paus Fransiskus dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi.

“Ketegangan meningkat di Asia Timur seperti yang ditunjukkan oleh peluncuran rudal balistik hari ini ke Laut Jepang oleh Korea Utara. Pada pertemuan makan siang, kami akan membahas lebih lanjut berbagai topik, termasuk bagaimana menangani Korea Utara dengan upaya sepihaknya untuk mengubah situasi regional di Indo-Pasifik dan Asia Timur berdasarkan kekuatan, penguatan nuklir yang cepat dan tidak jelas pada kekuatan militer, penculikan, rudal nuklir, serta isu-isu regional dan global,” ujarnya.

Mengenai situasi di Ukraina, Kishida mengatakan bahwa dirinya dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi memiliki pandangan yang sama.

“Kami berdua memiliki kesamaan pandangan bahwa sangat penting bagi masyarakat internasional untuk memperlakukan invasi ini dengan sikap tegas, dan merupakan tanggung jawab kami untuk mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina dengan upaya terbaik kami.” [lt/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG