Tautan-tautan Akses

PM Israel Batal Hadiri KTT Nuklir di Amerika


Netanyahu membatalkan kunjungannya ke Washington karena sejumlah negara bermaksud menggunakan KTT itu untuk menarget program nuklir Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah membatalkan lawatannya minggu depan untuk menghadiri KTT Keamanan Nuklir, yang diadakan oleh Presiden Amerika Barack Obama.

Para pejabat Israel mengatakan Netanyahu membatalkan kunjungannya ke Washington karena sejumlah negara yang hadir bermaksud menggunakan KTT itu untuk menarget Israel atas dugaan mengenai persenjataan nuklirnya. Negara-negara muslim termasuk Mesir mengeluh tentang program nuklir Israel.

Pejabat-pejabat Israel mengatakan perdana menteri Netanyahu mengirim utusannya, Dan Meridor, yang juga menteri energi atom.

Penasehat Keamanan Nasional bagi Presiden Obama Jim Jones mengatakan Israel tetap akan memiliki delegasi yang "tingkat tinggi" meskipun tanpa kehadiran Netanyahu.

Presiden Obama mengundang lebih 40 negara untuk menghadiri KTT dua hari, yang dimulai Senin dan akan memfokuskan pada pencegahan penyebaran senjata nuklir kepada teroris atau negara negara berbahaya.

XS
SM
MD
LG