Tautan-tautan Akses

PM Inggris Menyesal Tapi Ingin Segera Keluar dari Skandal “Partygate”


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengaku menyesal atas skandal "partygate" selama masa lockdown COVID-19 (foto: dok).
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengaku menyesal atas skandal "partygate" selama masa lockdown COVID-19 (foto: dok).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah menanggapi laporan penyelidikan terhadap pesta-pesta (skandal "partygate") yang dilangsungkan pemerintah selama pemberlakuan kebijakan lockdown atau penghentian kegiatan dan penutupan sebagian wilayah karena virus corona, dan mengatakan bahwa dia “bertanggung jawab penuh atas semuanya yang telah terjadi.”

Namun, meskipun laporan yang diterbitkan pada Rabu (25/5) mengatakan kesalahan atas kebohongan dan pelanggaran ada di pundak pemerintah, Johnson menegaskan bahwa dia tidak melanggar peraturan secara sengaja. Johnson juga tidak menghiraukan seruan dari lawan-lawannya untuk meletakkan jabatan.

Johnson mengatakan dia “menyesal” dan telah “mendapat pelajaran”, tetapi menegaskan bahwa kini saatnya tiba untuk “melangkah maju.”

Laporan yang disusun oleh seorang pegawai negeri senior mengatakan, “tim kepemimpinan senior harus bertanggungjawab” atas terjadinya budaya pelanggaran aturan di dalam tubuh pemerintah Inggris. [jm/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG