Tautan-tautan Akses

PM Inggris Lakukan Kunjungan Pertama ke AS


PM Cameron dan Presiden Obama akan membicarakan masalah yang mereka bahas dalam KTT G-20 bulan lalu di Toronto.

Gedung Putih mengatakan Afghanistan akan menjadi pokok pembicaraan utama ketika Perdana Menteri Inggris David Cameron melakukan kunjungan resmi pertama ke Washington hari ini.

Jurubicara Robert Gibbs mengatakan hari Senin bahwa Cameron dan Presiden Barack Obama akan membicarakan masalah-masalah yang mereka bahas dalam pertemuan puncak G-20 bulan lalu di Toronto - dimana Afghanistan menjadi pokok pembicaraan utama.

Cameron telah mengatakan ia menghendaki pasukan Inggris ditarik dari Afghanistan selambat-lambatnya tahun 2015. Presiden Obama telah menetapkan batas waktu Juli tahun 2011 untuk memulai penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan, tetapi ia menekankan proses tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Kedua pemimpin mengatakan mereka memberi waktu kepada pemerintah Afghanistan untuk membina pasukan keamanannya sendiri.

Gedung Putih juga mengatakan tuduhan keterlibatan perusahaan BP dalam pembebasan pembom Lockerbie kemungkinan akan turut dibicarakan hari ini.

PM Cameron telah menyebut pembebasan seorang warga Libya tersangka pemboman Lockerbie, Abdel Basset al-Megrahi, suatu kesalahan. BP yang berbasis di Inggris itu sudah mendapat kecaman dari Amerika atas tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

XS
SM
MD
LG