Tautan-tautan Akses

PM India Dorong Reformasi dalam Pidato di Sidang Umum PBB


Perdana Menteri India, Manmohan Singh (foto: dok).
Perdana Menteri India, Manmohan Singh (foto: dok).

India adalah salah satu negara yang ingin mendapat kursi permanen di Dewan Keamanan PBB jika dilakukan perubahan-perubahan.

Perdana Menteri India Manmohan Singh diperkirakan akan menyerukan perubahan-perubahan pada keanggotaan Dewan Keamanan PBB ketika berpidato di Majelis Umum PBB pada Sabtu. India adalah salah satu negara yang ingin mendapat kursi permanen di dewan itu jika dilakukan perubahan-perubahan.

Singh juga mendesak agardiadakan konvensi internasional yang menetapkan pendekatan global untuk memerangi terorisme

Hari Jumat di PBB, Presiden Irak Jalal Talabani mendesak Turki dan Iran untuk berhenti membom wilayah Kurdistan, Irak utara, di mana pemberontak Kurdi dicurigai beroperasi.

Dalam pidato hari Jumat di Majelis Umum PBB, Talabani mengatakan pemboman itu menewaskan banyak warga sipil. Ia meminta Turki dan Iran menggunakan diplomasi dan dialog untuk meredakan ketegangan dengan pemberontak Kurdi.

Presiden Talabani juga mengundang negara-negara lain untuk berinvestasi di Irak, dengan mengatakan negaranya mulai pulih setelah perang puluhan tahun dan dikenai sanksi internasional. Ia mengatakan Irak sedang menggarap undang-undang untuk melindungi investor dan modal mereka.

Hari Jumat adalah hari ketiga perdebatan di Majelis Umum PBB. Perdebatan umum berlanjut hari Sabtu dan Senin hingga Jumat pekan depan.

XS
SM
MD
LG