Tautan-tautan Akses

PM China Akhiri Kunjungan di Australia


Perdana Menteri China Li Keqiang (kiri) dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull berjabat tangan sebelum penandatanganan kesepakatan di Gedung Parlemen di Canberra, Australia, 24 Maret 2017. (REUTERS/David Gray).

Perdana Menteri China menonton pertandingan sepakbola Australia bersama perdana menteri Australia hari Sabtu (25/3), yang mengakhiri kunjungannya di Australia yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral dan meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

Perdana Menteri China Li Keqiang dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull beristirahat dari pembicaraan perdagangan dengan menyaksikan pertandingan Liga Sepakbola Australia di Sydney.

Turnbull dan Li dalam beberapa hari ini mengecam proteksionisme dan mempromosikan manfaat perdagangan bebas ketika Presiden Amerika Donald Trump menganjurkan perombakan perdagangan sedunia yang mengutamakan kepentingan Amerika.

China adalah mitra dagang terbesar Australia, dengan perdagangan bilateral melampaui $107 milyar dan investasi bilateral melebihi $100 milyar. Dalam kunjungannay ke Australia, Li dan Turnbull menyaksikan penandatanganan persetujuan yang akan memperluas perjanjian perdagangan bebas yang sudah berlaku dua tahun itu. China juga sepakat untuk memperluas pasarnya bagi eksportir daging sapi Australia.

Hari Jumat (25/3), Turnbull menolak argumentasi bahwa Australia harus memilih antara Amerika, mitra keamanannya yang paling penting dan China, walaupun ketegangan meningkat antara kedua negara adidaya ekonomi itu.

Li akan bertolak ke Selandia Baru hari Minggu untuk bertemu dengan Perdana Menteri Bill English. [lt]

XS
SM
MD
LG