Tautan-tautan Akses

PM Belgia Umumkan Penyelidikan Dugaan Campur Tangan Rusia dalam Pemilu Uni Eropa


FILE - Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, 22 Maret 2024. (AP/Geert Vanden Wijngaert)
FILE - Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, 22 Maret 2024. (AP/Geert Vanden Wijngaert)

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo, Jumat (12/4) mengumumkan penyelidikan terhadap dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu Eropa pada bulan Juni lalu, dengan mengatakan bahwa dinas intelijen negaranya telah mengkonfirmasi keberadaan jaringan pro-Rusia yang mencoba melemahkan dukungan untuk Ukraina.

“Badan intelijen Belgia telah mengkonfirmasi adanya jaringan campur tangan pro-Rusia dengan aktivitas di beberapa negara Eropa dan juga di Belgia,” kata De Croo kepada wartawan di Brussels.

“Menurut badan intelijen kami, tujuan Moskow sangat jelas. Tujuannya adalah untuk membantu memilih lebih banyak kandidat pro-Rusia di Parlemen Eropa dan memperkuat narasi pro-Rusia di lembaga tersebut,” katanya.

De Croo, yang negaranya memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa, mengatakan “tujuannya sangat jelas: dukungan Eropa yang melemah terhadap Ukraina bermanfaat bagi Rusia di medan perang dan itulah tujuan sebenarnya dari apa yang telah terungkap dalam beberapa minggu terakhir.”

Pemungutan suara di seluruh Eropa diadakan pada tanggal 6-9 Juni untuk memilih parlemen Uni Eropa yang baru. [ab/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG