Tautan-tautan Akses

PM Baru Italia Tawarkan Langkah-Langkah Penghematan pada Politisi


PM Italia Mario Monti berusaha mencari dukungan partai-partai politik Italia atas langkah penghematan yang diusulkannya (3/12).
PM Italia Mario Monti berusaha mencari dukungan partai-partai politik Italia atas langkah penghematan yang diusulkannya (3/12).

PM Mario Monti bertemu dengan para pemimpin partai hari Sabtu untuk meraih dukungan bagi usulan langkah-langkah penghematan.

Perdana Menteri Italia Mario Monti bertemu dengan para pemimpin partai hari Sabtu untuk meraih dukungan bagi langkah-langkah penghematan yang diusulkannya sementara para pemimpin Eropa berupaya mengatasi krisis hutang benua itu.

Pemerintah Italia secara resmi belum mengumumkan rincian langkah-langkah itu, tapi diperkirakan termasuk serangkaian potongan dan kenaikan pajak serta peningkatan usia pensiun.

Beberapa politisi menggambarkan langkah-langkah itu “berat” namun perlu dan Monti sebelumnya berjanji membuat langkah itu seadil mungkin.

Kabinet Italia dijadwalkan bertemu hari Senin untuk menyetujui paket itu dengan harapan akan membantu menyelesaikan krisis hutang negara tersebut.

Yunani, Irlandia dan Portugal sebelumnya terpaksa mencari dana talangan internasional selama satu setengah tahun terakhir ini.

Kekhawatiran utama para pemimpin Eropa sekarang adalah Italia dengan perekonomian ketiga terbesar di benua itu mungkin juga memerlukan dana talangan untuk menghindari ketidak mampuan membayar hutang-hutangnya, krisis yang akan mengancam kesatuan moneter benua itu dan bisa mengarah pada resesi dunia yang baru.

XS
SM
MD
LG