Tautan-tautan Akses

PM Australia Undang Biden Melawat September Mendatang


PM Australia Scott Morrison mengundang Presiden AS Joe Biden untuk berkunjung awal September mendatang, sekaligus memperingati 70 tahun Perjanjian ANZUS di negara benua tersebut. (Foto: ilustrasi).

PM Australia Scott Morrison mengatakan ia mengundang Presiden AS Joe Biden untuk berkunjung pada bulan September mendatang. Ia menyampaikan undangan itu dalam percakapan telepon yang “sangat hangat dan menyenangkan” antara kedua pemimpin pada hari Kamis (4/2).

“Ia melihat hubungan Australia-AS sebagai pemberi dukungan bagi perdamaian dan keamanan di kawasan kami,” kata Morrison. “Ini benar. Kami berbagi pandangan itu. Dalam hal hubungan antara Australia dan AS, tidak ada yang perlu diperbaiki, hanya mengembangkannya.”

Gedung Putih belakangan menyatakan Biden menyebut Australia sebagai penentu stabilitas di “Indo-Pasifik dan dunia.”

Joe Biden (yang saat itu masih menjabat sebagai Wapres AS) berbincang dengan Menlu Australia Julie Bishop di Sydney Harbour, Australia, 19 Juli 2016. (Foto: dok).
Joe Biden (yang saat itu masih menjabat sebagai Wapres AS) berbincang dengan Menlu Australia Julie Bishop di Sydney Harbour, Australia, 19 Juli 2016. (Foto: dok).

“Mereka juga sepakat untuk bekerja sama, bersama-sama dengan sekutu dan mitra-mitra lainnya, untuk menuntut mereka yang bertanggung jawab atas kudeta di Myanmar,” sebut Gedung Putih.

Morrison mengundang Biden mengunjungi Australia untuk memperingati 70 tahun Perjanjian ANZUS, suatu perjanjian pertahanan yang pernah mencakup Selandia Baru dan ditandatangani pada 1 September 1950.

Morrison mengatakan Biden menanggapi dengan positif undangan itu.

Kunjungan presiden Amerika ke Australia biasanya juga mencakup lawatan ke Asia atau beberapa ibu kota negara di Asia Tenggara. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG