Tautan-tautan Akses

PM Australia, Scott Morrison, Tampaknya Akan Kalah Pemilu Nasional


PM Australia, Scott Morrison, berbicara kepada media di Gedung Parlemen di Canberra, Australia, Rabu, 13 Februari 2019 (foto: AP Photos/Rod McGuirk)
PM Australia, Scott Morrison, berbicara kepada media di Gedung Parlemen di Canberra, Australia, Rabu, 13 Februari 2019 (foto: AP Photos/Rod McGuirk)

PM Australia Scott Morrison tampaknya akan kalah dalam pemilihan nasional akhir minggu ini. Demikian temuan sebuah pol pada Jumat, sementara kampanye di Australia dibayang-bayangi oleh kematian salah satu mantan pemimpin Australia yang paling disukai.

Sebuah pol Ipsos untuk the Sydney Morning Herald dan the Age, menunjukkan Partai Buruh Australia memimpin didepan pemerintah koalisi Morrison dengan selisih 51 – 49. Temuan Ipsos ini mirip dengan pol-pol lainnya sementara kampanye Morrison gagal menarik simpati pemilih dengan kinernja pemerintahnya yang berhasil menciptakan surplus anggaran untuk pertama kalinya dalam 10 tahun.

Partai Buruh yang kalah dalam pemilihan 2013 dan 2016, berjanji juga akan menandingi surplus 2019-2020 itu, dan kemudian menghasilkan surplus lebih besar pada 2020-2021

Seandainya partai Buruh yang beroposisi menang, Australia kemungkinan akan punya PM ke 7 sejak 2000. Kampanye pada saat-saat terakhir ini dibayang-bayangi oleh kematian mantan PM Bob Hawke.

Hawke adalah seorang politisi sayap kiri yang karismatik dan transformatif, serta menjabat sebagai PM dari 1983 sampai 1991, dan meninggal pada usia 89 tahun di Sydney. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG