Tautan-tautan Akses

PM Australia Pertahankan Posisi Sebagai Ketua Partai Liberal


Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull tiba di ruang rapat di gedung Parlemen di Canberra, Australia, 21 Agustus 2018.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull berhasil mempertahankan posisinya sebagai ketua partainya, Partai Liberal yang konservatif.

Turnbull mengadakan pemungutan suara Selasa (21/8), sehari setelah ia meninggalkan rencana untuk melegalisasi target emisi gas rumah kaca Australia setelah pemberontakan di kalangan konservatif garis keras di partainya.

Ia ditantang oleh Menteri Dalam Negeri Peter Dutton, yang baru saja menjanjikan dukungan penuh bagi Turnbull pada hari Senin. Legislator dari Partai Liberal Nola Marino mengatakan Turnbull mengalahkan Dutton dengan dukungan 48 suara berbanding 35 suara mendukung Dutton. Dutton mundur dari kabinet setelah pemungutan suara tersebut dan kembali sebagai anggota biasa partai, tetapi diperkirakan akan melancarkan tantangan kepemimpinan baru terhadap Turnbull paling cepat hari Kamis.

Tantangan terhadap kepemimpinan Turnbull muncul karena berbagai jajak pendapat pemilih baru-baru ini menunjukkan Partai Liberal jauh tertinggal di belakang Partai Buruh yang beroposisi, menjelang pemilihan legislatif yang dijadwalkan Mei mendatang. [uh]

XS
SM
MD
LG