Tautan-tautan Akses

PM Australia Desak Pentingnya Teknologi Ramah Lingkungan untuk Perangi Perubahan iklim


Perdana Menteri Australia Scott Morrison. (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan, Selasa (10/8), bahwa membuat negara-negara berkembang untuk mengadopsi teknologi ramah lingkungan adalah kunci untuk menghindari skenario pemanasan global yang ditegaskan dalam laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) terbaru.

Morrison mengatakan kepada wartawan di Canberra bahwa Australia tidak dapat mengabaikan "fakta nyata" bahwa negara-negara berkembang menyumbang dua pertiga dari emisi global. Dan emisi itu meningkat, katanya.

Australia adalah salah satu penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia per kapita dan telah berkomitmen untuk mengurangi emisi antara 26 persen dan 28 persen di bawah tingkat emisi tahun 2005 menjelang tahun 2030.

Morrison mengatakan Australia telah mengurangi emisinya sebesar 20 persen sejak 2005.

Sementara Morrison menyampaikan tanggapannya terhadap laporan IPCC, sejumlah demonstran menggelar unjuk rasa yang menuntut tindakan pemerintah Australia yang lebih kuat terhadap perubahan iklim.

Mereka menyemprot gedung Parlemen dan dinding perimeter kediaman resmi Morrison dengan berbagai slogan, termasuk yang mengatakan "tugas perawatan iklim".

Media-media setempat melaporkan delapan pengunjuk rasa ditangkap. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG