Tautan-tautan Akses

PM Australia Beri Penghormatan kepada Pangeran Philip


Perdana Menteri Australia Scott Morrison. (Foto: Reuters)
Perdana Menteri Australia Scott Morrison. (Foto: Reuters)

Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Sabtu (10/4), memberi penghormatan pada kehidupan dan jasa Pangeran Philip dari Inggris. Ia menyampaikan belasungkawa dan simpati atas nama rakyat Australia kepada Ratu Elizabeth dan keluarga kerajaan.

Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth selama lebih dari 70 tahun, membantu memodernisasi monarki Inggris dan mengarahkan keluarga kerajaan melalui krisis yang berulang. Ia, usia 99 tahun, wafat pada Jumat (9/4).

Dikenal secara resmi sebagai Duke of Edinburgh, Philip mendampingi istrinya selama 69 tahun pemerintahannya, yang terpanjang dalam sejarah Inggris. Dalam masa itu ia mendapat reputasi atas sikap yang keras, tanpa basa-basi dan cenderung untuk sesekali melakukan kesalahan.

Seorang pangeran dari Yunani, Philip menikahi Elizabeth pada 1947. Dia kemudian berperan kunci dalam membantu monarki beradaptasi dengan dunia yang berubah setelah Perang Dunia II. Di balik tembok Istana Buckingham, dia satu-satunya tokoh kunci yang bisa dipercaya ratu karena tahu bahwa dia bisa berkata jujur. [ka/pp]

XS
SM
MD
LG