Tautan-tautan Akses

Pluto Kemungkinan Miliki Lautan Cairan


Perjalanan ke Pluto mengungkapkan pemandangan pegunungan air.
Perjalanan ke Pluto mengungkapkan pemandangan pegunungan air.

Menggunakan data dari pesawat penyelidik New Horizons, para peneliti memperkirakan planet kerdil itu kemungkinan memiliki lautan cairan di bawah permukaan esnya.

Nun jauh di pinggiran sistem tata surya kita terdapat air. Sebuah studi baru mengindikasikan bahwa Pluto kelihatannya masih memiliki lautan cairan di bawah permukaan esnya.

Menggunakan data dari pesawat penyelidik antariksa New Horizons, para peneliti dari Brown University ​menemukan bahwa planet kerdil itu telah mengembang. Jika lautan itu telah membeku, Pluto sejak lama sudah menciut.

"Berkat data luar biasa yang dikirim oleh pesawat New Horizons, kami dapat mengamati fitur-fitur tektonik di permukaan Pluto, memperbarui model evolusi termal dengan data baru dan menyimpulkan bahwa Pluto kemungkinan besar memiliki lautan sub-permukaan saat ini," ujar Noah Hammond, mahasiswa S2 di Departemen Ilmu Bumi, Lingkungan Hidup dan Planet di Brown, dan kepala penelitian tersebut.

Gambar-gambar spektakuler dari New Horizons telah mengubah kesan Pluto dari sebuah "bola salju sederhana di luar angkasa" menjadi sesuatu yang lebih "eksotik," dengan permukaan es yang terdiri dari air, nitrogen dan metana.

Selain itu, planet ini memiliki pegunungan setinggi ratusan meter yang kontras dengan "dataran rendah berbentuk hati" yang sekarang terkenal. Fitur-fitur tektonik ini, menurut para peneliti, menunjukkan kemungkinan besar adanya samudera di bawah lapisan es. [hd]

XS
SM
MD
LG