Tautan-tautan Akses

PLTN Uni Emirat Arab Mulai Produksi Listrik


PLTN Barakah, di kawasan Gharbiya Abu Dhabi, garis pantai Teluk, sekitar 50 kilometer sebelah barat Ruwais.13 Februari 2020. (Foto: dok).
PLTN Barakah, di kawasan Gharbiya Abu Dhabi, garis pantai Teluk, sekitar 50 kilometer sebelah barat Ruwais.13 Februari 2020. (Foto: dok).

Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Uni Emirat Arab mulai memproduksi listrik dan menyalurkan hasil produksinya, kata pihak berwenang negara itu, Rabu (19/8).

Kantor berita pemerintah, WAM, mempublikasikan foto-foto yang menunjukkan para pekerja sedang sibuk beraktivitas di instalasi nuklir Barakah yang terletak dekat perbatasan dengan Arab Saudi itu.

Pihak berwenang belum memberi kesempatan kepada jurnalis untuk meninjau instalasi itu selama bertahun-tahun proses konstruksinya, meski muncul banyak permohonan. Meski demikian, para pengawas dari Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah meninjau dan mengevaluasi instalasi tersebut.

Menurut rencana, instalasi ini akan mengoperasikan empat reaktor, dan menyuplai sekitar 25 persen kebutuhan listrik di negara kaya minyak itu. Instalasi nuklir Barakah merupakan hasil kerjasama UEA dan Korea Selatan, dan merupakan instalasi nuklir pertama di Semenanjung Arab yang dibangun untuk memproduksi listrik.

Amerika Serikat memuji program nuklir UEA karena tidak melibatkan usaha pengayaan dan daur ulang bahan nuklir. Usaha seperti akan memungkinkan UEA memproduksi uranium yang dapat dikembangkan untuk senjata nuklir. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG