Tautan-tautan Akses

Piranti Baru Untuk Bantu Polisi Tangani Krisis Opioid Picu Keprihatinan


Gubernur New Jersey Chris Christie mendengarkan saat Presiden Donald Trump berbicara dalam sesi dengar pendapat seputar opioid dan penyalahgunaan narkoba di Ruang Kabinet Gedung Putih, 29 Maret 2017
Gubernur New Jersey Chris Christie mendengarkan saat Presiden Donald Trump berbicara dalam sesi dengar pendapat seputar opioid dan penyalahgunaan narkoba di Ruang Kabinet Gedung Putih, 29 Maret 2017

New Jersey adalah negara bagian terakhir dalam krisis opioid yang mempertimbangkan untuk mengijinkan polisi dan petugas penegak hukum mengakses arsip data yang mengawasi obat-obatan resep tanpa perintah pengadilan. Hal ini menghadapkan privasi pasien dengan kemampuan pemerintah menyelidiki apa yang disebut sebagai “doctor shopping”.

Senator faksi Republik dari New Jersey – Robert Singer – memperkenalkan RUU itu hari Selasa (18/7) setelah membahasnya dengan seorang jaksa wilayah, dengan alasan RUU itu akan membantu petugas menarget dokter yang mungkin secara tidak sah telah meresepkan obat-obatan tertentu. “Kita sedang menghadapi krisis (opioid) di negara ini dan ketika kita menghadapi krisis semacam ini, kita harus mengambil tindakan,” ujar Singer. “Langkah ini merupakan piranti lain bagi penegak hukum,” tambahnya.

Tetapi RUU itu menghadapi tentangan di New Jersey, terutama dari Gubernur Chris Christie yang mengatakan akan menentang gagasan itu.

Opioid adalah obat-obatan yang sangat membuat kecanduan, termasuk obat resep penghilang rasa sakit dan narkotika illegal – terutama heroin.

Menurut National Institutes of Health, jumlah kematian akibat obat-obatan opioid tahun 2015 mencapai lebih dari 30 ribu orang, hampir dua kali lipat dibanding sepuluh tahun lalu. Di seluruh Amerika, negara-negara bagian memiliki arsip database pengawasan obat yang memungkinkan apoteker, dokter dan petugas penegak hukum melacak siapa yang memberikan terlalu banyak obat-obatan opioid itu. (em)

XS
SM
MD
LG