Tautan-tautan Akses

Pimpinan Secret Service AS Jelaskan Insiden Gedung Putih di Hadapan Kongres


Direktur Secret Service Amerika Serikat Julia Pierson (Foto: dok).
Direktur Secret Service Amerika Serikat Julia Pierson (Foto: dok).

Direktur Secret Service Amerika Serikat akan memberi kesaksian di hadapan komisi DPR Amerika hari Selasa (30/9) mengenai pelanggaran keamanan besar di Gedung Putih sebelumnya bulan ini.

Julia Pierson diperkirakan akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan berat oleh para anggota Kongres mengenai pelanggaran keamanan itu, serta beberapa insiden memalukan lainnya yang melibatkan badan itu, yang bertanggung jawab untuk melindungi presiden Barack Obama dan keluarganya.

Insiden lain, antara lain, kegagalan untuk segera menindak seorang bersenjata yang menembaki Gedung Putih tahun 2011, skandal pelacur yang menyangkut para petugas dalam kunjungan presiden di Kolombia tahun 2012, dan minum-minum satu malam bulan Maret yang menyebabkan ketiga petugas dipulangkan dari kunjungan Presiden di Amsterdam.

Dalam insiden terbaru, Omar Gonzalez yang berusia 42 tahun ditangkap setelah ia memanjat pagar Gedung Putih, berlari menyeberangi padang rumput dan memasuki Gedung Putih.

Secret Service semula mengatakan Gonzalez ditangkap tidak jauh di dalam dekat gerbang utama, tetapi berita media hari Senin (29/9) mengatakan Gonzalez dengan cepat melewati seorang pengawal di pintu depan dan berlari di sebuah lorong melewati tangga ke ruang tempat tinggal keluarga Obama kemudian dia ditangkap.

Secret Service juga semula mengatakan Gonzalez tidak bersenjata, tetapi kemudian terungkap ia membawa satu pisau.

XS
SM
MD
LG