Tautan-tautan Akses

Pimpinan Cabor Senam AS Mundur


Mary Bono, saat menjabat anggota Kongres, berbicara di pertemuan Asosiasi Gubernur Nasional di White Sulphur Springs, W. Va., 25 Juli 2015.

Mary Bono, presiden sementara dan pimpinan eksekutif cabang olahraga senam AS, mengumumkan ia mengundurkan diri dari jabatan yang baru dipegangnya selama lima hari.

"Pengunduran diri saya terjadi setelah serangan-serangan pribadi yang jika dibiarkan tanpa pembelaan akan membuat kepemimpinan saya di USAG menjadi beban bagi organisasi," kata Bono, yang juga mantan anggota Kongres, dalam sebuah pernyataan Selasa.

Terpilihnya Bono untuk memimpin cabang olah raga Senam AS hampir segera menuai kecaman dari beberapa pesenam papan atas, termasuk pemenang medali emas Olimpiade, Simone Biles dan Aly Raisman.

Raisman keberatan dengan dipilihnya Bono, merujuk pada keterkaitan mantan anggota Kongres dari Partai Republik itu dengan firma hukum yang memberi nasihat hukum kepada USAG selama skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh dokter timnas senam AS, Larry Nassar.

Biles dan Raisman termasuk di antara ratusan gadis dan perempuan muda yang mengalami pelecehan seksual oleh dokter itu.

"Rekan tim saya dan saya melaporkan pelanggaran Nassar kepada USAG pada 2015," tulis Raisman.

"Kami sekarang tahu USOC (Komite Olimpiade AS) dan pengacara di Faegre Baker Daniels (perusahaan Bono) ketika itu juga diberitahu. Tapi, Nassar terus menyiksa anak-anak selama 13 bulan !? Mengapa mempekerjakan seseorang yang terkait dengan perusahaan yang membantu menutupi pelecehan kami ?," kecam Raisman.

Nassar menjalani hukuman seumur hidup setelah mengaku bersalah atas tuduhan federal melakukan pornografi anak dan tuduhan negara bagian melakukan pelecehan seksual. [my]

XS
SM
MD
LG