Tautan-tautan Akses

Pihak-pihak yang Bertikai di Yaman Gagal Memperpanjang Gencatan Senjata yang Didukung PBB


Petugas polisi Yaman memeriksa sebuah lokasi yang hancur akibat serangan udara di Sanaa, Yaman, pada 26 Maret 2022. (Foto: AP/Hani Mohammed)
Petugas polisi Yaman memeriksa sebuah lokasi yang hancur akibat serangan udara di Sanaa, Yaman, pada 26 Maret 2022. (Foto: AP/Hani Mohammed)

PBB mengatakan perundingan antara pihak-pihak yang bertikai di Yaman gagal mencapai kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata nasional, karena tidak ada perjanjian yang disepakati dalam perundingan tersebut sebelum tenggat yang jatuh pada Minggu (2/10).

Dalam pernyataannya, utusan PBB untuk Yaman menyerukan semua pihak untuk menahan diri dari aksi provokasi sementara perundingan berlanjut.

Perkembangan itu menepis harapan agar gencatan senjata yang telah berjalan selama enam bulan itu bisa menjadi perdamaian yang lebih panjang.

Gencatan itu, yang pertama kali berlaku pada April, adalah jeda terlama dalam perang saudara Yaman. Perang itu sudah memasuki tahun kedelapan.

Konflik brutal itu dimulai pada 2014, ketika pihak Houthi yang didukung Iran merebut ibu kota, Sanaa, dan sejumlah wilayah di Yaman utara dan memaksa pemerintah lari ke pengasingan.

Dalam pernyataan, utusan PBB untuk Yaman Hans Grundberg mengatakan ia "menyesalkan tidak adanya perjanjian yang disepakati hari ini." Ia tidak menyebut nama Houthi yang tidak menyepakati usulannya, tapi berterima kasih kepada pemerintah yang diakui internasional karena "aktif secara positif" dalam perundingan untuk memperpanjang gencatan senjata itu.

Ia menyerukan para pemimpin untuk terus berusaha meraih kesepakatan. “Saya desak mereka untuk memenuhi kewajiban bagi rakyat Yaman untuk menempuh semua jalan menuju perdamaian," ujarnya.

Pada Sabtu (1/10), Houthi mengatakan bahwa diskusi terkait gencatan itu telah mencapai "jalan buntu," dan mengatakan bahwa mereka terus mengimbau dibukanya bandara Sanaa sepenuhnya, dan dicabutnya blokade di kota pelabuhan, Hodeida. [vm/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG