Tautan-tautan Akses

Peringatan Tsunami setelah Gempa Dahsyat di Chile Dibatalkan


Sebuah jalan yang rusak tampak setelah guncangan gempa (25/12) di Tarahuin, Pulau Chiloe, Chile bagian selatan. (Foto: REUTERS/Alvaro Vidal).

Setelah sebelumnya peringatan tsunami dikeluarkan, pihak berwenang akhirnya membatalkan peringatan tersebut. Namun demikian, kewaspadaan terhadap gelombang tsunami tetap diberlakukan.

Pihak yang berwenang telah membatalkan peringatan tsunami yang dikeluarkan Minggu dini hari (25/12) setelah sebuah gempa bumi dahsyat mengguncang bagian selatan Chile. Belum ada laporan yang diterima mengenai kerusakan maupun jumlah korban.

Namun kewaspadaan terhadap gelombang tsunami tetap diberlakukan.

Badan Survei Geologi AS mengatakan kekuatan gempa mencapai 7,6 SR dan berpusat 40 kilometer baratdaya Puerto Quellon di pantai selatan Chile yang berpenduduk jarang. Gempa mengguncang pada jam 11:22 am waktu setempat (1422 UTC)

Kepala Badan Penanggulangan Keadaan Darurat Nasional Chile, Ricardo Toro, tetap mendesak warga di kawasan Los Lagos untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Toro mengatakan sekitar 4.000 orang telah diungsikan dari Los Lagos.

Pihak yang berwenang baik di AS maupun Chile telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk kawasan yang terletak dalam radius 1.000 kilometer dari pusat gempa.

Ini adalah gempa bumi ketiga bulan ini dengan skala 7,7 SR atau lebih di sepanjang Tepi Pasifik yang rentan akan gempa bumi, yang acapkali disebut sebagai daerah “cincin api.”

Gempa bumi berkekuatan 7,8 SR terekam di lepas pantai Kepulauan Solomon pada tanggal 8 Desember dan guncangan dengan skala 7,9 SR dilaporkan pada 17 Desember di Papua New Guinea [ww/dw].

XS
SM
MD
LG