Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang AS Tangkap Kapal Barang Korea Utara


kapal barang Korea Utara, Wise Honest

Pihak berwenang Amerika telah menangkap kapal barang Korea Utara – Wise Honest -- karena dituduh melanggar sanksi Amerika dan PBB mengangkut batubara dari Korea Utara.

Kapal Wise Honest, adalah kapal kargo Korea Utara kedua terbesar, dan pertama disita oleh penguasa Indonesia April 2018 ketika sedang mengangkut batu bara sebanyak 25 ribu ton dan bernilai $3 juta ke Indonesia.

Pejabat Indonesia kemudian menyerahkan kapal itu kepada Amerika Juli lalu, dan pejabat mengatakan, kapal itu sekarang berada dibawah pengawasan Amerika dan sedang berlayar ke Samoa yang berada dibawah jurisdiksi Amerika.

Divisi Keamanan Departemen Kehakiman Amerika menjelaskan lewat sebuah pernyataan hari Kamis (9/5), kapal itu sedang mendekati perairan Amerika. Menurut Asisten Jaksa Agung Amerika untuk urusan keamanan nasional, John Demers, kapal pendobrak sanksi itu sekarang tidak berfungsi lagi.

Kapal itu merupakan salah satu kapal barang terbesar Korea Utara. Dan inilah pertama kali Amerika menangkap sebuah kapal barang Korea Utara karena melanggar sanksi. [al/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG