Tautan-tautan Akses

Pidato di Depan Para Pemimpin Dunia di Munich, Zelenskyy: Goliat Harus Kalah!


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tampak di layar televisi, selama Konferensi Keamanan Munich, di Munich, Jerman, jari Jumat 17 Februari 2023.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tampak di layar televisi, selama Konferensi Keamanan Munich, di Munich, Jerman, jari Jumat 17 Februari 2023.

Membandingkan perang bangsanya melawan Rusia dengan sebuah kisah di alkitab tentang "Daud melawan Goliat", Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Jumat (17/2), mendesak para pemimpin Barat yang berkumpul di Kota Munich untuk tidak menunda pengiriman bantuan militer, dengan mengatakan, “Goliat (Rusia, red.) harus kalah!”

Zelenskyy berbicara secara virtual kepada para pemimpin pemerintah dan pejabat militer yang berkumpul dalam Konferensi Keamanan Munich, sebuah forum tahunan bagi komunitas keamanan internasional guna membahas berbagai konflik dunia. Konferensi tiga hari itu dibuka pada Jumat (17/2), satu minggu sebelum peringatan invasi Rusia ke Ukraina yang jatuh pada 24 Februari.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy

Presiden Ukraina mendesak konferensi untuk mempercepat pengiriman senjata yang dijanjikan. Membandingkan bangsanya (Ukraina) dengan Daud, anak gembala yang membunuh raksasa dengan batu yang dilontarkan dari umban, Zelenskyy mengatakan pada konferensi tersebut, “Daud mengalahkan Goliat tidak hanya dengan kekuatan percakapan, tetapi dengan kekuatan tindakannya, dan kekuatan dari umban (senjata)-nya.”

Zelenskyy mengatakan dia yakin - dengan bantuan sekutunya, Ukraina dapat memperoleh kemenangan terhadap "tidak hanya Putin, tetapi juga "Putin-Putin" lainnya di seluruh dunia."

Dia mengatakan kepada para pemimpin yang hadir bahwa, "'Daud-Daud dari dunia bebas' membuat 'umban' (ketapel) lebih kuat sehingga tahun depan mereka dapat berkumpul lagi di Munich untuk konferensi keamanan pascaperang pertama dengan Ukraina dan Eropa yang merdeka."

Tepat sebelum konferensi dimulai pada Jumat, Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengatakan kepada wartawan bahwa ancaman perang di Ukraina — dan ambisi Rusia — “melampaui Ukraina dan wilayah lain di Eropa timur, hingga ke Timur Tengah, Afrika, dan Indo Pasifik.”

Peningkatan ketegangan antara Amerika Serikat dan China juga diperkirakan akan menjadi agenda konferensi Munich, setelah militer AS menembak jatuh balon pengintai China yang terbang di atas wilayah udara AS. [pp/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG