Tautan-tautan Akses

Petugas Keamanan Turki Didakwa Kasus Penyerangan Demonstran Amerika


Para demonstran terjatuh di tanah saat bentrok dengan petugas keamanan Turki dekat kediaman Duta Besar Turki di Washington, 17 Mei 2017. (Gambar diambil dari video VOA Turki)

Dewan juri pengadilan di Washington telah mendakwa 19 orang, termasuk 15 petugas keamanan Turki, terkait perkelahian yang terjadi selama kunjungan presiden Recep Tayyip Erdogan ke Washington bulan Mei.

Pendakwaan yang diumumkan hari Selasa (30/8)itu menuduh para terdakwa menyerang pengunjuk rasa damai di luar kediaman duta besar Turki.

Semua terdakwa dituduh berkonspirasi melakukan kejahatan kekerasan, tindak pidana yang diancam hukuman maksimum 15 tahun. Beberapa terdakwa dituduh menyerang dengan senjata memastikan, yang diancam hukuman yang lebih berat.

Enam belas dari para terdakwa itu telah dijatuhi dakwaan bulan Juni; pendakwaan hari Selasa menambahkan tiga terdakwa baru, semuanya petugas keamanan Turki.

Insiden itu terjadi setelah Erdogan bertemu dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih, sehingga memperburuk hubungan yang sudah tegang antara Washington dan Ankara. [ds]

XS
SM
MD
LG