Tautan-tautan Akses

AS

Petinggi Pentagon Ubah Sikap Soal Penanganan Serangan Seksual di Militer


Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley berpidato di Pentagon, Arlington, Virginia, 11 September 2020.

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley, Senin (3/5), mengatakan kini ia terbuka untuk mempertimbangkan sebuah proposal guna memutuskan penanganan penuntutan serangan seksual di dalam militer dan tidak menyerahkannya kepada para panglima militer.

Ini merupakan perubahan signifikan dalam perdebatan tentang upaya mengatasi serangan seksual di dalam tubuh militer.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Milley mengatakan meskipun ia belum siap untuk menyetujui usulan itu, ia tidak lagi menentang karena masalah serangan seksual ini terus terjadi, meskipun ada usaha untuk mengatasinya.

Milley mengatakan “kami sudah berusaha selama bertahun-tahun, dan kami tidak berhasil secara efektif menanggulanginya. Kami harus melakukan ini.”

Pernyataan Milley, perwira paling berpengaruh di Pentagon yang juga penasihat militer untuk Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Presiden Biden, kemungkinan akan punya bobot besar di kalangan para kepala staf dan menguatkan momentum perubahan.

Austin, mantan panglima senior dan mantan wakil kepala staf Angkatan Darat, belum memberikan pernyataan secara publik atas proposal yang diajukan, yang sebenarnya merupakan hasil karyanya pula. Rekomendasi panel yang mengajukan proposal ini dinilai berbobot.

Milley mengatakan dia tidak akan berkomentar seputar proposal yang hendak mengambil alih wewenang dalam penanganan kasus serangan seksual dari para panglima militer, sampai komisi itu menyelesaikan pekerjaannya dan rekomendasi sudah diperdebatkan sepenuhnya sampai di tingkat pimpinan militer.

Komisi itu sudah menyerahkan rekomendasi awalnya kepada Austin akhir bulan lalu, dan pejabat Pentagon mengatakan mereka menduga dia akan memberi waktu sekitar satu bulan kepada para kepala staf untuk mengkaji dan memberi tanggapan. [jm/em]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG