Tautan-tautan Akses

Pesawat Tempur Rusia Jatuh Saat Lepas Landas, 2 Awak Tewas


Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-24 lepas landas dari pangkalan udara Hmeimim di provinsi Latakia, Suriah, 3 Oktober 2015. (Foto: dok).

Sebuah jet tempur Rusia jatuh pada hari Selasa (10/10) saat lepas landas dari sebuah pangkalan di Suriah, menewaskan kedua awak pesawat tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa salah satu jet pembom SU-24 tergelincir di landasan pacu saat lepas landas di pangkalan udara Hemeimeem di provinsi Latakia di Suriah. Kementerian itu mengatakan laporan awal menunjukkan bahwa kemungkinan kecelakaan tersebut disebabkan oleh kerusakan teknis.

Mesin kembar SU-24, yang dirancang pada era 1970-an, selama ini terus dimodernisasi dan dilengkapi dengan sistem persenjataan baru. Pada bulan November 2015, pesawat sejenis lainnya ditembak jatuh oleh sebuah jet Turki di dekat perbatasan Suriah.

Moskow melancarkan kampanyenya di Suriah pada bulan September 2015, mengubah jalannya konflik yang menguntungkan kepentingan Presiden Bashar Assad.

Hari Jumat, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa jetnya telah menerbangkan 500 misi tempur selama seminggu sebelumnya. [lt]

XS
SM
MD
LG