Tautan-tautan Akses

Pesawat Penumpang Jet Buatan China akan Lakukan Penerbangan Perdana


Pesawat penunmpang jet C919 dengan kapasitas 158 kursi buatan The Commercial Aircraft Corp. of China (COMAC) terlihat dikeluarkan dari hangar dalam sebuah upacara di bandara internasional Pudong di Shanghai, China, 2 November 2015 (Foto: dok/AP). Pesawat jet penumpang yang pertama diproduksi China ini akan memulai penerbangan perdananya dalam kuartal pertama tahun ini.

Media pemerintah China mengatakan pesawat penumpang jet yang besar yang pertama dibuat di negara itu akan melakukan penerbangan perdana dalam kuartal pertama tahun ini.

Surat kabar partai komunis yang berkuasa, Harian Rakyat, mengatakan hari Senin (6/2) bahwa Commercial Aircraft Corporation of Cina Ltd atau Comac, sudah hampir menyelesaikan pesawat berpenumpang 175 orang C919.

Pesawat itu akan memasuki pasar tahun 2019 dan akan bersaing dengan Airbus A320 dan Boeing 737, serta Irkut MC-21 Rusia.

Airbus dan Boeing mengatakan pasar bagi pesawat baru akan bernilai $5 triliun dalam 20 tahun mendatang. Para pakar industri pesawat mengatakan China menghadapi persaingan berat untuk memperoleh pangsa pasar yang signifikan, biarpun dengan subsidi pemerintah. [gp]

XS
SM
MD
LG