Tautan-tautan Akses

Pesawat Jatuh di Kazakhstan, Sedikitnya 12 Tewas, 20 Cedera


Polisi dan tim SAR di lokasi jatuhnya pesawat dekat Bandara Internasional Almaty, Kazakhstan, Jumat, 27 Desember 2019.

Sebuah pesawat Kazakhstan yang mengangkut lebih dari 90 orang penumpang jatuh tidak lama setelah lepas landas hari Jumat (27/12), menewaskan sedikitnya 12 orang dan membuat lebih dari 20 lainnya luka parah, sebut pihak berwenang.

Komite Penerbangan Sipil Kazakhstan mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa pesawat Bek Air menghantam pagar beton dan bangunan dua lantai setelah lepas landas dari Bandara Internastional Almaty.

Pihak berwenang setempat sebelumnya menyatakan korban tewas berjumlah 15 orang, tetapi Kementerian Dalam Negeri Kazakhstan belakangan merevisi jumlah tersebut tanpa memberi penjelasan.

Pesawat Fokker-100 nomor penerbangan 2100 itu sedang menuju ibukota Nur-Sultan, yang dulu dikenal sebagai Astana, sewaktu jatuh pada pukul 7.22 pagi.

Pihak berwenang menyatakan semua penerbangan Bek Air dan Fokker-100 di Kazakhstan segera dihentikan sambil menunggu investigasi kecelakaan itu. Mereka tidak mengemukakan kemungkinan penyebab kecelakaan tersebut.

Pabrikan Fokker-100, jet turbofan ganda berukuran sedang itu bangkrut pada tahun 1996 dan produksi pesawat itu dihentikan pada tahun berikutnya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG