Tautan-tautan Akses

Pesawat Inggris Terakhir yang Angkut Militer, Tinggalkan Kabul


Sejumlah personel militer Inggris beristirahat setelah membantu evakuasi warga Inggris dari Afghanistan, 24 Agustus 2021.
Sejumlah personel militer Inggris beristirahat setelah membantu evakuasi warga Inggris dari Afghanistan, 24 Agustus 2021.

Inggris pada Sabtu (28/8) menerbangkan pasukan militer terakhirnya dari Afghanistan, menuntaskan proses penarikan pasukannya dari negara itu.

Kementerian Pertahanan mencuit bahwa "penerbangan terakhir mengangkut personel Angkatan Bersenjata Inggris, telah meninggalkan Kabul." Akun itu mengunggah foto-foto para tentara memasuki pesawat.

Kementerian itu menulis, "Kepada semua yang telah mengabdi dengan sangat berani di bawah tekanan besar dan kondisi berbahaya untuk mengevakuasi warga sipil yang paling rentan: Terima kasih."

Sebelumnya pada hari yang sama, Inggris melepas sebuah pesawat terakhir yang hanya mengangkut warga sipil.

Perdana Menteri Boris Johnson berterima kasih kepada semua pihak yang berada di balik operasi penyelamatan. Dia mengatakan mereka telah membantu lebih dari 15 ribu orang dalam kurang dari dua minggu.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua yang terlibat dan kepada ribuan dari mereka yang telah mengabdi dalam dua dekade terakhir. Kalian harus bangga dengan pencapaian kalian," kata Johnson dalam pesan yang diunggah ke media sosial.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pasukan Inggris telah "membantu ribuan orang untuk mendapatkan masa depan dan keamanan yang lebih baik." [vm/ft]

XS
SM
MD
LG