Tautan-tautan Akses

Pesawat Angkut AS Dilarang Beroperasi di Wilayah Udara Afghanistan


Sebuah pesawat Angkatan Udara AS lepas landas dari bandara di Kabul pada 30 Agustus 2021. (Foto: AFP)

Bandara Kabul kini tidak memiliki layanan pemanduan lalu lintas udara karena militer Amerika telah ditarik dari Afghanistan. Badan Penerbangan Federal Amerika (FAA), Senin (30/8), mengatakan pesawat sipil Amerika dilarang beroperasi di negara itu kecuali diberi izin sebelumnya.

FAA mengatakan dalam pernyataan, "karena tidak ada layanan lalu lintas udara dan otoritas penerbangan sipil yang berfungsi di Afghanistan, serta masalah keamanan yang sedang berlangsung, operator sipil Amerika, pilot, dan pesawat sipil yang terdaftar di Amerika dilarang beroperasi di ketinggian mana pun di sebagian besar Afghanistan."

Awal bulan ini, militer Amerika mengatakan telah mengambil alih tanggung jawab kendali lalu lintas udara di Kabul untuk memfasilitasi evakuasi puluhan ribu orang dari Afghanistan. FAA mengatakan operator sipil Amerika "bisa terus menggunakan satu rute ketinggian jet di dekat perbatasan timur jauh untuk penerbangan. Setiap operator pesawat sipil Amerika yang ingin terbang masuk/keluar atau di atas Afghanistan harus mendapat izin sebelumnya dari FAA."

Pada 18 Agustus, FAA mengatakan maskapai penerbangan dan pilot sipil Amerika bisa terbang ke Kabul untuk melakukan penerbangan evakuasi atau bantuan dengan disetujui Departemen Pertahanan. Maskapai Amerika membantu mengangkut ribuan pengungsi bulan ini tetapi melakukan penerbangan dari bandara di luar Afghanistan. [ka/ah]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG