Tautan-tautan Akses

Perusahaan Rintisan di California Kembangkan Baterai dari Tanah Liat


Peluncuran produk perusahaan Rondo Energy di California: Rondo Heat Battery (RHB300), yang menyediakan pemanas industri tanpa karbon dengan biaya terendah di dunia.
Peluncuran produk perusahaan Rondo Energy di California: Rondo Heat Battery (RHB300), yang menyediakan pemanas industri tanpa karbon dengan biaya terendah di dunia.

Sebuah perusahaan rintisan di California menyatakan mereka dapat membantu mengurangi emisi karbon industri manufaktur dengan menggunakan baterai yang terbuat dari tanah liat. Alih-alih menyimpan listrik, baterai tanah liat ini malah menyimpan panas. 

Energi terbarukan kini menjadi lebih murah dibandingkan bahan bakar fosil, namun transisi energi ramah lingkungan masih tertinggal di bidang yang paling bisa dibantu oleh energi tersebut: manufaktur.

Manufaktur memerlukan panas yang konsisten, dan dalam beberapa kasus selama 24 jam sehari.

John O'Donnell, CEO Rondo Energy, menyatakan, ini memprihatinkan.

“Membuat barang adalah bagian terbesar dari penggunaan energi dunia. Dan panas yang digunakan dalam industri manufaktur memerlukan seperempat dari seluruh batubara, minyak, dan gas alam yang ada di dunia,” jelasnya.

Rondo Energy, yang masih tergolong perusahaan rintisan, memiliki solusi untuk masalah ini. Perusahaan itu mengembangkan batu bata yang bisa menyimpan panas.

Perusahaan Rintisan di California Kembangkan Baterai dari Tanah Liat
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:57 0:00

Batu bata itu terbuat dari tanah liat dan bisa menyimpan energi yang berasal dari angin dan matahari. Batu bata tanah liat ini secara sederhana mereka sebut sebagai baterai panas, yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai sumber panas konsisten bagi industri manufaktur.

“Kami menemukan terobosan mengenai bagaimana memanfaatkan material yang telah digunakan dunia selama 200 tahun untuk membangun infrastruktur energi untuk abad ke-21,” imbuhnya.

Baterai tanah liat ini dilengkapi kawat besi. Kawat ini memungkinkan batu bata memanas secara merata dan menahan panas selama berhari-hari.

“Ini satu batu bata. Setiap unitnya bisa menyimpan energi sebanyak baterai Tesla Model X. Kami menyatukan sekitar 3.000 unit batu bata untuk membuat satu baterai pemanas,” sebut O'Donnell.

Menurut O’Donnell, tumpukan batu bata panas dapat memanaskan udara hingga lebih dari 1.000 derajat Celcius bagi perusahaan yang memproduksi makanan, bahan bakar, dan lainnya.

Baterai panas pertama Rondo mulai diproduksi di pabrik biofuel California pada tahun 2023.

“Memanfaatkan energi dari angin dan matahari sebagai sumber pembakaran akan mengurangi emisi karbon dalam pembuatan biofuel hingga setengahnya,” jelasnya.

Sejauh ini, produksi skala besar baterai panas Rondo dilakukan di Thailand. Rondo sendiri berambisi membangun pabrik baterai terbesar di dunia. [ab/lt]

Baterai Penyimpan Energi Dukung Transisi ke Energi Bersih
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:47 0:00

Forum

XS
SM
MD
LG