Tautan-tautan Akses

Perusahaan Raksasa Saudi SBG Tetap Perusahaan Swasta


Logo perusahaan Saudi Binladin Group di kantor pusat perusahaan tersebut di Jeddah, Arab Saudi, 20 September 2001. (Foto: dok).

Satu perusahaan kontruksi raksasa Arab Saudi mengatakan perusahaan itu “masih tetap perusahaan swasta,” tetapi mengakui bahwa “sebagian pemegang saham mungkin telah penyetujui penyelesaian,” yang mengizinkan pengalihan sebagian saham kepada pemerintah “untuk membayar utang yang masih ada.”

Perusahaan Saudi Binladin Group mengatakan dalam pernyataan bahwa perusahaan tersebut memandang tindakan itu sebagai “langkah yang positif.”

Ketua dewan komisari SBG, Bakr Bin Laden, telah ditahan dalam penindakan Arab Saudi terhadap korupsi. Puluhan pangeran dan pengusaha elit lain ditangkapi beberapa bulan lalu yang diperintahkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Para pejabat Saudi mengatakan mereka sedang berunding dengan para tahanan untuk memungut sampai sebanyak $100 milyar bagi kas negara.

SBG didirikan tahun 1931 oleh Mohammed Binladin. Perusahaan itu bertumbuh dengan cepat setelah Kerajaan itu mengontrak perusahaan tersebut dalam tahun 1950-an untuk mengerjakan masjid-masjid di kota-kota suci Mekah dan Medina. Tahun 1964, SBG ditugaskan untuk mengganti lapisan luar dinding masjid Qubbat al-Sakhrah di Yerusalem.

Namun dalam beberapa tahun ini, SBG telah mengalami beberapa kesulitan dan telah memberhentikan ribuan karyawan.

SBG adalah milik keluarga mendiang pemimpin al-Qaida Osama bin Laden. [gp]

XS
SM
MD
LG