Tautan-tautan Akses

Perusahaan Mantan Penasehat Keamanan Trump Dilaporkan Terima Jutaan Dolar untuk Produksi Film Pro-Turki


Mantan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Michael Flynn (tengah) di Gedung Putih di Washington, 13 Februari 2017. (Foto: dok).

Bisnis konsultansi milik Michael Flynn, mantan penasihat keamanan nasional Presiden Trump, dilaporkan menandatangani sebuah kontrak untuk melakukan upaya lobbying untuk Turki bernilai $ 530 juta, termasuk pembuatan sebuah film dokumenter yang tidak pernah direalisasikan.

Wall Street Journal pertama melaporkan tentang film dokumenter ini, yang dibatalkan pada November. Tujuannya adalah mendiskreditkan Fethullah Gulen, seorang ulama yang tinggal di pengasingan dan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dituduh mendalangi upaya kudeta tahun lalu.

Kelompok Intel Flynn dibayar oleh pebisnis Turki, Ekim Alptekin, guna “menjernihkan citra Turki setelah terjadi kudeta militer yang gagal,” demikian laporan di Wall Street Journal.

Kontrak dengan pebisnis ini menyebabkan Michael Flynn berurusan dengan hukum. Michael Flynn yang undur diri pada Februari lalu, tidak melaporkan kepada pemerintah sampai Maret bahwa perusahaannya dibayar untuk mewakili kepentingan pemerintah Turki.[jm]

XS
SM
MD
LG